Senin Pagi Jakarta Hujan, Pintu Air Manggarai Siaga 3

Foto suasana pengukuran di Pintu Air Manggarai, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jakarta, MetroLimaTV.com — Hujan semalam suntuk yang melanda wilayah Jakarta masih berlangsung hingga Senin (27/2) pagi ini.
BPBD DKI Jakarta pun mengirimkan peringatan waspada banjir karena Pintu Air Manggarai terpantau sudah siaga III pada pukul 05.00 WIB.

Sepuluh wilayah pun diimbau antisipasi terdampak yakni Gondangdia, Grogol, Jatipulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Menteng, Petamburan, dan Tomang.

Sebelumnya, pada pukul 04.00 Pintu Air Pasar Ikan terpantau siaga II sejak pukul 03.00 WIB.

Mengutip dari laman peringatan dini BPBD DKI Jakarta, pada Senin pagi ini hampir seluruh wilayah ibu kota RI itu mendapatkan peringatan dini potensi cuaca hujan di pagi hari, dan berawan di siang hari.

Namun, pada malam hari kembali berpeluang terjadi hujan lagi di sejumlah wilayah.

Sebelumnya, pada Minggu (26/2) malam, Debit air di Bendung Katulampa Bogor, Jawa Barat, meningkat hingga mencapai 100 Cm atau siaga III pada Minggu (26/2) malam.

Imbasnya, BPBD DKI Jakarta pun memperingatkan kepada warga sepanjang bantaran sungai untuk waspada dan berhati-hati terhadap bahaya banjir.

Mengutip dari akun Twitter BPBD DKI, status Siaga III Bendung Katulampa itu diumumkan per pukul 22.21 WIB, Minggu.

Hujan hujan mengguyur kawasan Puncak, Bogor, mengakibatkan debit air Sungai Ciliwung meningkat.

Selain itu, sejumlah wilayah di Jakarta dan Depok pun mengalami hujan sejak Minggu pagi hingga malam ini.

Mengutip dari detik.com, Petugas Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman, pada Minggu malam mengatakan debit air yang mengalir hingga ke kawasan hilir di Jakarta, diperkirakan mencapai 138.129 liter/detik. Volume air yang mengalir ke Sungai Ciliwung belum ditambah oleh hujan yang terjadi di kawasan tengah Sungai Ciliwung.

“TMA 100 centimeter berarti debit air mencapai 138.129 liter/detik. Belum lagi ditambah dari kawasan tengah, karena hujan merata malam ini,” kata Andi.

Andi menyebutkan peningkatan debit Sungai Ciliwung terjadi akibat hujan yang mengguyur kawasan Puncak, Bogor, sejak sore hingga malam ini. Kawasan Puncak Bogor, merupakan hulu Sungai Ciliwung.

Berdasarkan pantauan di laman BPBD DKI, antara tengah malam hingga pukul 04.00 WIB, kondisi debit air di Bendung Katulampa terpantau sudah normal kembali. Can

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *