MPLS SMK ATLANTIS PLUS DEPOK TAHUN AJARAN 2023/24 MENGANGKAT TEMA KEBANGSAAN DAN DIGITAL

Pada tahun ajaran baru seperti sekarang ini, hampir diseluruh penjuru sekolah mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang dikenal dengan nama MPLS bagi sekolah tingkat Umum, baik Sekolah Dasar maupun tingkat SMA/MA/SMK, bagi sekolah yang bernuansa islami yakni Pondok Pesantren Modern istilahnya di sebut dengan Masa Pengenalan Lingkungan Pesantren (MPLP). Mengapa MPLS/MPLP dilaksanakan diawal tahun ajaran, baru, yakni dengan tujuan agar supaya para siswa maupun siswi baru dapat mengenal sekolahnya masing-masing secara keseluruhan. Dulu sebelum ada kata MPLS yang dilakukan di kalangan siswa di Indonesia lebih dikenal dengan istilah MOS atau Masa Orientasi Sekolah. Akan tetapi sejak tahun ajaran 2018/2019, sebutan MOS sudah diganti dengan MPLS.

Sekedar informasi penggantian istilah MOS menjadi MPLS ini merupakan upaya untuk menghilangkan stigma negatif dari pelaksanaan masa orientasi siswa ditandai dengan dikeluarkannya Permendikbud RI Nomor 18 tahun 2016 sebagai landasan dasar hukumnya. MPLS merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah yang di kordinasikan oleh anggota Osis dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dengan tujuan memperkenalkan siswa baru pada lingkungan sekolah maupun lingkungan belajar, termasuk guru gurunya, seperti mengenal komponen sekolah, kakak kelas, mengetahui kejuruan bagi tingkat SMK. Melalui MPLS, perkenalan sekolah meliputi seluruh kegiatan rutin, sarana dan prasarana sekolah, kultur, norma, sistem, serta tata tertib yang berlaku di sekolah tersebut. Para murid baru juga dituntut untuk mengenal serta mempelajari cara belajar, penanaman konsep, pengenalan diri, serta pembinaan yang dilakukan pihak sekolah untuk mendidik para siswa. Bila kita mengacu pada pengertian MLS itu sendiri tentu banyak memiliki maksud dan tujuan tertentu sebagai awal memperkenalkan pada siswa baru terhadap kegiatan pada proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Atlantis Plus Depok, Renaldy, S.Pd menyatakan bahwa kegiatan MPLS di SMK Atlantis Plus kali ini berlangsung sejak tanggal 17 sampai dengan 21 Juli 2023, dengan harapan peserta didik tidak lagi  melakukan kegiatan perpeloncoan melainkan lebih menekankan pada aspek pengenalan lingkungan sekolah yang dominan pada pemberian materi dan pembinaan karakter. Dengan adanya kegiatan MPLS seperti saat ini maka peserta didik akan lebih memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana cara berinteraksi dengan lingkungan sekolah, dengan kawan dan juga dengan guru, ujarnya disela sela coffe break.

MPLS SMK ATLANTIS PLUS tahun ini diikuti oleh siswa baru berjumlah 171 siswa yang terdiri dari beberapa Program Keahlian diantaranya Program Keahlian DKV berjumlah 36 orang, Broadcasting Televisi dan Film (BCF) 37 siswa, TJKT 38 siswa dan MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB)/ Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) 40 siswa, sementara jurusan LK 20 siswa ( ketika masih menggunakan Kurikulum 2013 namanya KP alias Keperawatan namun pada kurikulum Merdeka berubah menjadi LK( Layanan Kesehatan). Pada kesempatan MPLS kali ini masing masing dari Kepala Jurusan atau Kaprodi menyampaikan materi pengenalan Jurusan. Untuk Desain Komunikasi Visual (DKV) disampaikan oleh Muhammad Rizqy, S.S.Kom, Jurusan Broadcasting Televisi dan FILM disampaikan oleh Suwanto Rusdi,S.Pd.,M.I.Kom, untuk jurusan TJKT, Aby Romansah, A.Md, sementara untuk jurusan MPLB disampaikan oleh Danella Martias, S.Sos, dan untuk jurusan Layanan Kesehatan oleh Ns. Rendy Rachmawan,S.Kep. Masing masing dari Kaprodi merupakan tenaga tenaga ahli dibidangnya dan masih aktif pada dunia industry.

Kita berbagi pengalaman pada adik adik biar nanti tidak kaget ketika mengikuti materi pembelajaran yang diberikan oleh masing masing guru mapel, kata Rendy panggilan akrab kaprodi Layanan Kesehatan. Tampak para siswa dengan penuh keyakinan mendengarkan pemaran dari para wakil kepala sekolah dan kaprodi masing masing, yang mana pada saat penyampain materi mereka di bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan jurusannya, penyampaian materi masing masing juruan dilakukan dalam sebuah ruangan Laboratorium maupun Ruang Praktik Siswa.

Rasa bahagia dan bangga juga disampaikan oleh Bu Nisa Komaladewi,S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidan Hubungan Industri ketika memberikan sambutan pada awal acara MPLS berlangsung, karena pada saat beliau menyampaikan materi tentang P5 turut hadir alumni angkatan 1 Jurusan Broadcasting. “Kami sengaja hadir untuk melihat sekolah dan adik adik kelas sekarang ini, bangga deh melihat perkembangan SMK Atlantis, ujar Arivia salah satu siswa yang hadir mewakili dari 5 orang teman temannya. Maju Terus SMK Atantis Plus Depok…SMK Bisa …SMK Hebat. !!! Anto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *