DPRD Kota Bandung Bekerja Sama Dengan Urindo Gelar Workshop ‘Netralitas Pers Dalam Menghadapi Pilkada 2024’

JAKARTA – DPRD Kota Bandung bekerja sama dengan Universitas Respati Indonesia (Urindo) menyelenggarakan Workshop Wartawan yang bertajuk ‘Netralitas Pers Dalam Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah 2024’.

Workshop ini dihadiri 100 wartawan dari berbagai media mulai dari elektronik, cetak hingga online di Kota Bandung. Workshop ini dilaksanakan di Hotel Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta Utara, yang berlangsung pada 1-3 Maret 2024.

Kegiatan workshop ini dibuka dengan dengan sambutan dari Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M. pada hari pertama, Jumat (1/3/2024). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Bandung, Edwin Sanjaya sebagai pemateri pembuka. Serta dihadiri Rektor Universitas Respati Indonesia (Urindo), Prof. Dr. Tri Budi W. Rahardjo, drg, MS.

Dalam sambutannya Tedy Rusmawan menyinggung tentang pentingnya bersikap kritis dan konstruktif sebagai seorang wartawan.

“Saya berharap dengan adanya workshop ini bisa membuat rekan-rekan wartawan menjadi semakin kritis dan juga konstruktif agar bisa membangun kota yang kita cintai ini yaitu Kota Bandung, dan saya yakin sebagaian besar wartawan di Kota Bandung adalah wartawan yang kritis dan sekaligus juga konstruktif,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan sejumlah persoalan di Kota Bandung yang harus diperhatikan oleh semua pihak termasuk wartawan, sebelum memasuki Pilkada 2024. Persoaalan yang paling menonjol saat ini adalah kemacetan di sejumlah wilayah Kota Bandung, seperti halnya di Gedebage dampak dari aktivitas kereta cepat yang berlokasi di Stasiun Tegalluar.

“Sekarang kan sedikit repot kalau naik kereta cepat, kalau dari Jakarta ke Bandung kan bisa 45 menit, tapi keluar dari stasiun untuk kearah kota cepat itu terutama kalau sabtu minggu bisa sampai satu jam, begitupun sebaliknya dari daerah Gedebage kalau mau ke Tegalluar juga macet, sama bisa sampai satu jam,” ujarnya.

Dalam workshop ini, Rektor Universitas Respati Indonesia (Urindo), Prof. Dr. Tri Budi W. Rahardjo, drg, MS menyampaikan terimakasih karena selama ini telah menjalin kerjasama yang baik dengan DPRD Kota Bandung, untuk mendukung Urindo melaksanakan salah satu tupoksi sebagai lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kota Bandung, Edwin Sanjaya menekankan pentingnya kehadiran pers di dalam kontestasi Pilkada untuk bisa meredam pemberitaan hoax di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu diungkapkan Edwin saat dirinya berkesempatan menjadi pembicara di sesi pertama kegiatan workshop, yaitu ‘Membangun Motivasi Diri’.

Workshop ini juga menghadirkan politisi sekaligus mantan anggota DPR RI, Dr. Akbar Faizal, M.Si. dan juga Dr. Pitoyo, S.S., S.H., M.Ikom. sebagai pakar komunikasi, untuk menjadi pemateri di dua sesi berikutnya.

Naufal Zuhdi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *