Linmas Desa Tenjolaya Raih Lomba PBB Juara 1 Tingkat Kecamatan Kasomalang,Tidak Lepas Dari Binaan Babinsa Desa Tenjolaya

Subang, Metrolima Tv.com – Jajaran Linmas Desa Tenjolaya Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang meraih juara pertama lomba Peraturan Baris Berbaris ( PBB ) yang dilaksanakan pertengahan Agustus 2024 di Kecamatan Kasomalang,dalam rangka Peringatan HUT RI Ke – 79 Tahun 2024.

Satuan Perlindungan Masyarakat ( Linmas ) sesuai dengan Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. Pengertian satuan perlindungan berdasarkan Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 memiliki beberapa unsur kata, yaitu :   Warga masyarakat Yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan Penanganan Bencana dan mengurangi/memperkecil resiko bencana Ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat Ikut dalam kegiatan sosial masyarakat.

Keberhasilan Linmas Desa Tenjolaya meraih juara pertama di lomba PBB di Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang,tidak lepas atas binaan dan bimbingan Dudung Suhendar sosok Babinsa Desa Tenjolaya Kecamatan Kasomalang Berpangkat Sersan Satu (Sertu) yang Berdinas di Kodim 0605 Subang Koramil 0512 Cijambe, dan jadi Babinsa Desa Tenjolaya kurang lebih 1 ( Satu ) Tahun.

Sertu Dudung Suhendar Babinsa Desa Tenjolaya saat dikonfirmasi lewat seluler 19/08/2024 menerangkan,
Pelatih sejak bulan September 2024. Mulai latihan dasar PBB,peraturan baris- berbaris mengajarkan ke pada Linmas
1.Bersap kumpul
2.Lencang kanan
3.Penghormatan
4.Hadap kanan
5.Hadap kiri
6.Hadap serong kanan
7.Hadap serong kiri
8.Balik kanan
9.Jalan di tempat
10.Istirahat di tempat
11.Periksa kerapihan
12.Maju jalan
13.Langkah tegap maju jalan
14.Dua langkah ke kanan
15.Dua langka ke kiri
16.Dua langkah ke belakang
17.Dua langkah ke depan
18.Yel-yel kompak

“Pelatihan kepada Linmas sejak bulan September 2024,mulai latihan dasar PBB dan teknik Peraturan Baris Berbaris.” Pungkasnya.

“Babinsa Tenjolaya yang akrab di sapa Pak Dudung ini dekat dengan Warga dan Perangkat Desa. RT, RW , Kadus dan Lembaga Desa, terutama Kepala Desa Tenjolaya.” Ungkap Kadus 1 kepada Awak Media Cybernasa Grup.

Masih tutur Kadus,Babinsa yang selalu ada dalam setiap kegiatan tak pernah absen baik siang hari maupun malam hari.Terutama menyangkut kegiatan sosial Warga dan Masyarakat Desa Tenjolaya,imbuhnya.

Dudung memiliki kepribadian yang santun ramah dan tanpa mengenal lelah dan selalu berdampingan dengan para Tokoh dan warga juga Masyarakat Desa Tenjolaya, imbuh Endang menambahkan.

Desa Tenjolaya secara Geografis berada pada wilayah yang saling berjauhan antar Kampung dan Rukun Warga dan paling jauh ada di Rukun Warga (RW 05 ) Kp Cigore 7 Km dari Kantor Desa Tenjolaya yang terletak di Kampung Panembong. Jalan yang menanjak dan turun saling berjauhan antar kampung. Tetap Dudung suhendar ini selalu ada bersama warga dan Masyarakat,ujar mantan Kades Tatang Husayat

“Manunggalnya TNI dengan Rakyat terasa dan ini benar terwujud di Era Reformasi dan Era Digital ini di buktikan oleh sosok Dudung Suhendar yang di cintai Warga dan masyarakat Desa Tenjolaya.” Pungkasnya.

Asep Nasa Cybernasa Grup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *