Launching Simulasi Makan Bergizi dan Sehat, Pj. Bupati Harap Memberikan Dampak yang Luas

Subang, MetrolimaTv.com- Penjabat (Pj) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd melaksanakan launching simulasi makan siang bergizi dan sehat dengan Forum BUMD Plus di SDN Dangdeur I, Kelurahan Dangdeur, Kecamatan Subang. Jumat, 6/09/2024.

Kepala BP4D Kabupaten Subang Iwan Sahrul Anwar, S.STP dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan launching simulasi makan siang bergizi dan sehat ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan dalam menjalankan program nasional yang akan diimplementasikan pada tahun 2025.

Kepala BP4D juga menjelaskan bahwa Kabupaten Subang menjadi salah satu kabupaten yang melaksanakan launching simulasi makan siang bergizi dan sehat, dimana hal tersebut dilaksanakan   supaya seluruh stakeholder mampu mempersiapkan diri dalam program tersebut.

“kita berharap ada peningkatan asupan gizi siswa sekolah dasar, juga dapat berbanding lurus dengan prestasi akademik siswa dan mengurangi beban para orang tua dan juga dapat berkontribusi pada pengurangan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten Subang.”

Simulasi ini sendiri akan dilaksanakan selama 1 bulan dengan sumber dana berasal dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) BUMD Plus Kabupaten Subang.

Agenda dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis makanan bergizi dan sehat yang diserahkan secara langsung oleh Pj. Bupati Subang, Pj. Ketua TP PKK, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Ketua DWP Kabupaten Subang, serta Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Subang kepada 6 orang siswa, yang didampingi pula oleh para Donatur yakni para pimpinan BUMD Kabupaten Subang (PT.SS, PT. SEA, PDAM Tirta Rangga, Bank Subang) dan Bank BJB Subang.

Sementara itu, Pj. Bupati Subang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang kini dilaksanakan merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi adanya perubahan, sehingga perubahan tersebut dapat dipersiapkan dengan baik. Perubahan tersebut adalah adanya program makan bergizi dan sehat gratis.

“Hari ini saya mencoba untuk melakukan hal itu di satu sisi kita akan mengantisipasi dengan adanya perubahan, tetapi perubahan itu tanpa kita persiapkan, tanpa kita antisipasi dengan baik, saya khawatir dalam pelaksanaan akan ada kendala.”

Akan hal itu, Pj. Bupati menyatakan bahwa simulasi ini dilaksanakan dalam rangka uji coba untuk memitigasi dan untuk meminimalisir permasalahan yang ada di kemudian hari, termasuk untuk melihat sejauh mana dampak dari pelaksanaan makan bergizi gratis ini tidak hanya bagi anak sekolah tetapi juga bagi lingkungan termasuk itu bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan program yang kita lakukan ini di luar itu bermanfaat bagi anak sekolah, tetapi kepada yang lain juga mendapat pahala.”

Pj. Bupati pun mengajak semua pihak untuk menyatukan niat, bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini adalah untuk memberikan manfaat kepada anak-anak, untuk menjamin anak-anak sehat dan dapat belajar tidak hanya di tingkat sekolah dasar, tetapi mampu menggapai pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi.

“dengan kita niatkan yang baik, saya harap program ini juga berjalan dengan baik.”

Menutup sambutannya, Pj. Bupati Subang mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dan bekerjasama untuk dapat membawa Subang ke arah yang lebih baik.

“Subang Ini tidak bisa berlari atau melompat tanpa kita kerjasama, tanpa kita berkolaborasi, tanpa kita bermitra. Oleh karena itu, ayo kita bareng-bareng bekerja sama, bermitra, berkolaborasi, untuk membangun Subang menjadi lebih baik, lebih maju.”

Agenda dilanjutkan dengan meninjau pelaksanaan pembagian makan bergizi dan sehat ke berbagai kelas. Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Subang memberikan motivasi kepada para siswa untuk dapat terus belajar, terus bermimpi, dan mewujudkan mimpi tersebut.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Camat Subang, Lurah Dangdeur, Ketua Forum BUMD dan Jajaran BUMD Subang, serta tamu undangan lainnya.

Cybernasa Grup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *